Friday, February 20, 2015

Belajar Teknik Double Pedal Dasar Bagian 1

ImanPrabawa.com - Kali ini saya akan membahas mengenai belajar teknik double pedal dasar. Kalau di tulisan sebelumnya kita sudah membahas sedikit mengenai double pedal, sekarang saya ingin membahas belajar teknik double pedal dasar dengan menerapkan abjad-abjad drum tentunya di permainan double pedal kita.

 

Teknik Double Pedal Dasar


Nah kita kan sudah belajar mengenai cara menginjak pedal-nya di belajar drum saya yang lalu. Juga kita sudah belajar mengenai rudiment dari buku stick control juga, pada pelajaran yang lalu. Sebenarnya apa yang bisa kita mainkan pada tangan, bisa kita mainkan juga pada kaki kita.

Dan memahami abjad drum juga sangat besar pengaruhnya di dalam memudahkan kita belajar teknik double pedal lanjutannya nanti bahkan hingga ke tingkat advance, abjad drum ini sangat terpakai, dan akan sangat memudahkan kita dalam belajar.

Saya contohkan ya beat double pedal yang pertama. Sebelumnya kita pernah membahas mengenai beat drum ini, yang dulu pernah saya mainkan dengan satu pedal. Di artikel saya yang membahas mengenai mari membuat beat. Untuk mengingatkan teman-teman, mari kita lihat dulu not baloknya dibawah ini.


Nah kalau penulisan not balok untuk double pedal atau double bass, biasanya untuk kaki kanan dan kaki kirinya dibedakan notnya, itu untuk menandakan bahwa ini adalah double pedal. Kalau yang diatas kan not balok dari apa yang kita mainkan pada bass drum sejajar saja kan? Itu menandakan bahwa satu kaki, kalau untuk double pedal penulisannya seperti dibawah ini.


Jadi perbedaan penulisannya hanya itu. Kalau yang sejajar not baloknya, itu dimainkan dengan satu kaki. Video dibawah ini saya mainkan dengan satu kaki, temponya adalah 80 BPM. Kita lihat dulu yuk, buat sedikit mengingat kembali. Saya taro lagi ya not baloknya diatas video ini.


Dan kalau untuk double pedal, penulisan not balok untuk bass drumnya adalah tidak sejajar, ini saya mainkan pada tempo 120 BPM. Dan kaki saya memainkan RLRL alias Kanan Kiri Kanan Kiri. Jadi memainkan single stroke pada kaki saya. Kita lihat dulu not baloknya lagi baru kita lihat videonya.


Nah biasanya ketika orang bermain double pedal, awalnya yang dia lakukan hanyalah memainkan abjad drum nomor 15 atau not semiquaver pada kakinya. Bisa dimainkan secara single stroke, atau RLRL atau bisa juga secara double stroke, atau RRLL. Tapi kali ini kita memainkannya secara single stroke. Tuh kan berarti buku Stick Control juga bisa diterapkan di kaki kita juga.

Jadi sebenarnya apa yang bisa dimainkan oleh tangan, bisa juga dimainkan oleh kaki kita. Saya sangat menyarankan untuk latihan double pedal dengan menggunakan buku Stick Control kalau ingin kaki kita bisa cepat dan bagus dalam bermain double pedal.

 

Teknik Double Pedal Triplet


Yang kedua biasanya setelah melatih double pedal not 1/16 atau semiquaver, biasanya kita melatih double pedal triplet. Kita akan memainkan abjad drum nomor 7 di dalam pecahan/sundivision not 1/8 triplet, masih ingat? Kalau lupa, silakan teman-teman membaca dulu tulisan saya yang terdahulu mengenai abjad drum.

Kita akan memainkan 3 not setiap ketuknya pada kaki kita. Saya akan memainkan double pedal ini dengan single stroke di kaki saya, yaitu Kanan Kiri Kanan Kiri secara bergantian. Tempo yang saya gunakan kalau tidak salah 130 BPM di video ini. Kita lihat dulu yuk not baloknya seperti apa dibawah ini.


Jadi beda penulisan dengan yang hanya satu kaki, kalau yang hanya menggunakan satu kaki, penulisannya seperti gambar dibawah ini.


Nah sekarang kita mainkan yuk, teknik double pedal tripletnya pada drumset kita. Temponya saya pasang di 130 BPM.


Nah kalau sudah bisa teknik double pedal triplet ini, sekarang kita coba ganti-gantian. Satu bar kita memainkan teknik double pedal triplet, dan satu bar lagi kita memainkan teknik double pedal semiquaver. 

Buat teman-teman yang bingung satu bar itu seperti apa, teman-teman harus tonton video saya yang ini dulu.


Baru kita lanjut ya ke memainkan double pedal tripletnya satu bar, dan kemudian double pedal semiquavernya satu bar. Nah not baloknya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.


Nah kan ada hubungannya ngga sama abjad drum? Itu di hi hat kan saya memainkan abjad drum nomor 1, sementara pada kaki saya memainkan abjad drum nomor 16, dan abjad drum nomor 7. Nanti di pengembangan dari teknik double pedal ini, teman-teman akan lebih bisa melihat lagi bahwa abjad drum ini sangatlah terpakai.Kita lihat dulu yuk videonya dibawah ini.


Oke, selamat berlatih. Dan nanti di bagian kedua, kita akan mulai bermain-main dan sedikit mengembangkan dari permainan double pedal dasar kita ini dengan mengotak atik abjad drumnya, sehingga lahirlah beat double pedal baru yang bisa kita mainkan. Oh iya, itu diatas semuanya kakinya saya memainkan secara single stroke, alias RLRL.

Buat teman-teman yang ingin mendapatkan materi pelajaran drum yang lebih lagi bisa ikutan jadi member di website berbayar saya, SekolahDrumImanPrabawa.com dimana disitu nanti teman-teman akan mendapatkan materi yang jauh lebih keren lagi dan teman-teman juga bisa bertanya kalau ada materi yang tidak teman-teman mengerti.

Untuk detail gimana cara gabung jadi membernya, silakan teman-teman bisa mengklik pada banner di bawah ini.

http://iman-prabawa.blogspot.com/p/biaya-kursus.html
 
Kalau begitu kita sudahi dulu ya belajar teknik double pedal dasar bagian 1 kita ini, dan nanti kita lanjut ke bagian yang keduanya. Salam drummer..



Baca juga :
  1. Membuat Beat Shuffle Bagian 3
  2. Cara Memegang Stick Matched Grip
  3. Traditional Grip

No comments:

Post a Comment